Kamis, 01 November 2012

quiz

1. JELASKAN APA YG ANDA KETAHUI TENTANG

     TEKNOLOGI INPUT/OUTPUT ??

1. Penjelasan DVORAK & QWERTY
- DVORAK : Merupakan sebuah tata letak papan ketik yang dipatenkan tahun 1936 oleh August Dvorak (seorang profesor dan psikolog pendidik di University of Washington di Seattle) dan William Dealey.
http://en.wikipedia.org/wiki/dvorak                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        

- QWERTY Merupakan jenis tata letak pada tombol-tombol keyboard, yang digunakan pertama kali pada sebuah mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Penamaan QWERTY itu sendiri karena       tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini.
http://en.wikipedia.org/wiki/QWERTY
2.  Penjelasan OCR, DMR, OpScan
- OCR : Kependekan dari optical character recognition, merupakan alat mekanis atau elektronika yang digunakan untuk menerjemahkan tulisan tangan ataupun naskah ketikan berupa image/gambar (biasanya dipindai menggunakan alat pemindai/scanner) menjadi teks yang dapat diedit dengan suatu aplikasi komputer.
http://www.skill.co.id/front/index.php/jakarta-tech-update/296-pengertian-ocr


- DMR :  Kependekan dari Digital Mark Reader, merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunaan scanner dokumen untuk melakukan pemeriksaan form ujian, kuesioner dan entri data dengan teknologi pengenalan tanda.
http://en.wikipedia.org/wiki/dmr


- OpScan :  Merupakan scanner khusus yang menggunakan teknologi omr (optical mark reader). alat ini akan membaca tanda-tanda yang terdapat pada lembar jawaban komputer yang biasanya menggunakan pensil 2b untuk menandai jawaban.
http://en.wikipedia.org/wiki/

3. OMR :  Merupakan kependekan dari Optical Mark Recognition, adalah sebuah perangkat lunak (software) yang memroses data melalui pantulan cahaya dengan menggunakan alat pemindai (scanner).
http://www.skill.co.id/front/index.php/jakarta-tech-update/296-pengertian-omr


4. MICR :  Magnetic Ink Character Recognition merupakan Alat pembaca Magnetis yang banyak digunakan untuk mengecek dokumen-dokumen berharga agar sukar dipalsukan. Pemakaianya banyak digunakan di bank-bank. Alat ini mampu membaca huruf-huruf yang ditulis pada kertas yang dibuat dengan tinta magnetis, baik tulisan tangan maupun mesin.

5. RFID : Merupakan kependekan dari Radio Frequency Identification, adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label RFID terdiri dari chip silikon dan antena, fungsinya untuk dipasangkan pada objek agar dapat diidentifikasi menggunakan gelombang radio dari jarak jauh.

6. ASR : Automatic Speech Recognition merupakan teknologi pengenalan suara otomatis, atau sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah input dapat diwakilkan dengan menggunakan suara saja.

7. CCD : atau charge coupled device merupakan sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondensator yang berhubungan, atau berpasangan. CCD banyak digunakan dalam fotografi digital dan astronomi (terutama dalam fotometri), optikal dan spektroskopi UV.


8. Penjelasan CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA
-CGA (Color Graphics Adapter) : Merupakan monitor yang diluncurkan IBM pada tahun 1981 dan baru memiliki 4 warna dengan resolusi 320 x 200 pixel.


- EGA : (Enhanced Graphics Adapter) Merupakan kelanjutan dari teknologi CGA, dimana kemampuanya mengalami peningkatan yang cukup pesat menjadi 16 warna dengan resolusi 640 x 350 pixel.

- VGA : (Video Graphic Adapter) merupakan standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987, dan merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer sampai saat ini.

- XGA : (Extended Graphics Array) merupakan standar tampilan komputer yang diluncurkan IBM pada tahun 1990 dengan resolusi 1024×768 pixels.

- SXGA : (Super Extended Graphics Array) merupakan teknologi monitor yang keberadaanya setingkat lebih tinggi dari XGA dengan resolusi standar 1280×1024 pixels. dan merupakan teknologi yang paling banyak digunakan pada monitor LCD 17dan 19 inchi.

- UXGA : (Ultra Extended Graphics Array) mengacu pada resolusi monitor standar 1600 × 1200 piksel (total 1.920.000 pixel), yang persis empat kali resolusi default SVGA (800 × 600) (sebesar 480.000 piksel).


9. Penjelasan dari Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling
Untuk mempersempit definisi istilah-istilah ini, maka saya jelaskan istilah ini dari teknologi mikropon sebagai komponen input pada komputer,

-  Omnidirecional : Merupakan jenis mikropon yang dapat merekam suara dari semua arah.


-  Unidirectional : Mikropon jenis ini hanya menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitif terhadap suara-suara yang ada di sekeliling lainnya.

- Noise Canceling : Merupakan mikropon yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang.

- Echo Canceling : Merupakan mikropon yang dapat menghilangkan gema atau umpan balik yang muncul antara mikropon dengan pembicara.
11. Pasive Matrix dan Active Matrix
- Pasive Matrix : Merupakan teknologi pada layar LCD yang masih sederhana, dimana pada prinsipnya, setiap LCD menggunakan matrix untuk menempatkan pixel dan kemudian dialiri listrik. Pada layar matriks pasif, sebuah transistor mengontrol seluruh piksel pada baris dan kolom di layar datar.

- Active Matrix :  Pada layar matriks aktif disebut juga TFT (thin – flat -transistor) dimana masing masing piksel pada layar datar dikontrol oleh sebuah transistor tersendiri.


12. Dotmatrix, bubblejet, deskjet, impact, ink-jet, laser
- Dot Matrix : Merupakan teknologi printer yang bekerja dengan menggunakan head yang terdiri atas 9 dan 24 pin. Untuk mencetak hasil kerja, printer jenis ini menggunakan bahan pita karbon seperti yang digunakan pada mesin tik dan masih menggunakan port komunikasi berupa port paralel.


- Bubble Jet, DeskJet, dan Ink-Jet : Prinsip kerja teknologi printer ini hampir sama, yakni ketiganya dalam proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) kemedia cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai.

- Impact : Teknologi printer yang dapat membentuk karakter atau gambar dengan mekanisme tertentu, misalnya print hammer atau bola pada pita bertinta, sehingga memunculkan gambar di kertas.

- Laser Jet : Merupakan printer yang menggunakan teknologi yang sama seperti mesin fotokopi , yaitu panas dan tekanan untuk mengikat toner ke permukaan halaman kertas. Printer laser jet juga mencetak hitam putih ataupun warna dan mempunyai resolusi antara 300-1.200 dpi atau lebih, serta memberikan kualitas yang lebih baik daripada printer dot matriks dan ink jet. 


13. LCD, Plasma, CRT
- LCD : (Liquid Crystal Display) Merupakan teknologi monitor yang menggunakan sejenis kristal cair yang dapat berpendar.

- Plasma : Merupakan teknologi monitor dengan display datar, dimana memanfaatkan teknologi fosfor yang dapat berpendar. Pada plasma gas, tiap sel warna memiliki gas yang bertekanan rendah yang terletak di belakangnya. Tegangan tinggi pada elektroda sel tersebut akan membuat gas bergerak mengarah ke plasma. Radiasi ultraviolet yang dihasilkannya akan mengeksitasi fosfor pada layar dan akan memendarkannya sehingga tertangkap oleh mata kita.


- CRT (Cathoda Ray Tube) Merupakan teknologi monitor yang memanfaatkan tabung sinar katoda untuk penampil layarnya. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar.

2. JELASKAN APA YG ANDA PAHAMI TENTANG TEKNOLOGI 

     PROSESSOR ??


1. SSES : Streaming SIMD Extension adalah pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX. Merupakan set pengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD (Single Instruction Multiple Data), dengan dukungan floating point 32 bit dan penambahan set register-register vektor 128 bit, yang memudahkan operasi SIMD dan FPU dalam waktu yang bersamaan.


- SSE2S : (streaming SIMD Extension2) adalah suatu teknologi Intel pengembangan lanjut dari SSE yang emiliki Single Instruction Multiple Data 144 instruksi baru, dimana SSE hanya memiliki 70 instruksi.

- SSE3 : (Streaming SIMD Extension3) adalah teknologi  yang  berhasil  diciptakan  Intel  yangmerupakan pengembangan dari SSE2. SSE3 memiliki 13 tambahan instruksi baru,atau dengan kata lain SSE3 memiliki 13 instruksi lebih banyak daripada SSE2.


2. 3DNow : adalah  nama  sebuah teknologi  yang dibuat  oleh AMD  yang  berfungsi untuk memperbaiki aspek  operasi  multimedia,  yang  akan  dipakai  pada  prosesor produksinya. 3DNow! didesain  untuk  meningkatkan  kemampuan  CPU  dalam pengolahan/pemrosesan vektor yang diperlukan untuk aplikasi grafik secara intensif.
3. Nxbit : adalah teknologi yang digunakan oleh prosesor untuk memisahkan sebagian area memori untuk tempat penyimpanan lain, misalnya tempat penyimpanan data. Bagian memori ini diberi tanda (atribut NX) yang berarti hanya dapat digunakan untuk penyimpanan data.

4. PowerNow : adalah teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangai kecepatan kerja prosesor  dalam  upaya  menghemat  energi  (power).  Teknologi  ini  biasanya diaplikasikan pada prosesor mobile yang biasa digunakan untuk laptop. Pada saat prosesor dalam kondisi idle atau loading minimal, secara otomatis clock speed dan Vcore prosesor menurun, yang berakibat kebutuhan atau konsumsi daya listrik menurun sehingga dapat menghemat penggunaan listrik dalam baterai, dan laptop dapat bertahan beroperasi lebih lama. Selain itu, tingkat kebisingan kerja (misalnya suara kipas) dan panas yang ditimbulkan oleh laptop juga akan berkurang, serta dapat memperpanjang umur prosesor.

5. Cool’n’Quiet : adalah peningkatan kinerja procesor sering meningkatkan konsumsi power dan kebisingan. Dengan teknologi ini memungkinkan pengunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan.


6. Hyper-Threading : adalah teknologi yang menggunakan lebih dari satu jalur Thread dalam sebuah processor sehingga mempercepat pemrosesan data, karena seolah-olah sistem dikerjakan oleh lebih dari satu processor.


7. Dual-Core : adalah teknologi processor yang menggunakan  dua  buah  inti  (core) prosessor dalam  sebuah  kemasan  prosesor konvensional.  Dual  core  (inti  processor)  ditempatkan  pada  sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clock speed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti processor tersebut.

8. SpeedStep : merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor dapat diubah clock speed-nya menjadi lebih rendah dari clock speed aslinya. Pengubahan besarnya clock speed ini bisa dilakukan dengan menggunakan software.


9. Hyper Transport : merupakan teknologi penggandaan bus pada jalur sistem sehingga data yang dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak karena lalulintas data yang lebih cepat.


10. MMX : adalah sekumpulan instruksi SIMD. Dengan penerapan SIMD, memungkinkan chip processor mengeksekusi perintah-perintah yang berulang-ulang atau yang paralel secara cepat, terutama ketika processor menjalankan perintah yang berhubungan dengan video, audio, grafik, dan animasi. MMX merupakan sebuah perluasan instruksi mikroprocessor yang membantu proses perhitungan pada beberapa aplikasi.

3. JELASKAN TYPE BUS PADA PERSONAL COMPUTER DIBAWAH INI :


1. ISA : adalah teknologi antar muka untuk menghubungkan perangkat komputer yang sudah mulai ditinggalkan. Perangkat komputer yang menggunakan ISA diantaranya modem dan sound card. ISA jauh lebih lambat dari PCI, sehingga peralatan PCI secara umum lebih baik.

2. EISA (Extended  Industry  Standard  Architecture) : adalah arsitektur  standar  yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan komputer (Compaq, AST, Zenith, Tandy,dll) untuk standarisasi operasi 32 bit
3. VL-BUS (Vesa Local BUS) : merupakan jalur  yang dibuat untuk menyesuaikan kecepatan mikroprocessor di dalam komputer.

4. PCI (Peripheral Component Interconnect) : adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal.


5. AGP (Accelerated Graphics Port) : adalah sebuah  bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA,bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.


6. FireWire : adalah merek dagang Apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394. Sony memperkenalkan IEEE 1394 dengan nama i.Link. Meski namanya berbeda-beda, ketiganya (FireWire, IEEE 1394 dan i.Link ) sama-sama menunjuk pada jenis kabel data yang mampu mengirimdata dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan  tabil.
7. USB (Universal Serial Bus) : adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.

8. PCI- Express : (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCIexpress dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x dan 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi paralel.  PCI  Express  menggunakan  sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.

4. Jelaskan teknologi Komputer berikut ini :

  
Komputer Awan : adalah perpaduan antara komputer dengan internet (sering digambarkan dengan awan). Komputer awan sendiri lebih memanfaatkan internet untuk bekerja. Artinya, komputer akan selalu terkoneksi ke internet umtuk mengerjakan sesuatu


 Komputer Hijau : adalah kajian dan praktek penggunaan sumber daya komputer secara efisien. Tujuan Komputer Hijau ini antara lain, untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan berbahaya, memaksimalkan efisiensi energi selama umur produk, dan meningkatkan daur ulang serta biodegradasi bagi produk gagal dan limbah pabrik.
Komputasi Kuantum : komputasi ini didasarkan pada teori mekanika kuantum. Informasi tidak lagi dinyatakan dengan 0 dan 1, melainkan dinyatakan dengan keadaan-keadaan partikel dasar. Sebagai contoh, atom-atom hydrogen dapat dibuat untuk membentuk saklar hidup atau mati seperti transistor pada computer konvensional dengan memindahkan keadaan energi rendah (menyatakan nilai mati) ke keadaan energi tinggi (menyatakan nilai hidup).

Komputasi Optik : Komputasi di masa mendatang bisa jadi tidak lagi menggunakan elektronikamelainkan memakai optik atau optoelektronik. Dengan demikian, cahaya akan menggatikan elektron. Diharapkan komputasi optik dapat memproses ratusan kali lebih cepat daripada komputer yang berbasis elektris.

 Komputasi DNA : komputasi ini didasarkan kenyataan bahwa informasi dapat ditulis ke setiap molekul DNA. Dengan menggunakan biteknologi, DNA sintesis dapat dipakai untuk mempresentasikan sejumlah simbol untuk menggantikan sistem biner.

  Komputasi Paralel : adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan . Ini umunya diperlukan kapasitas yang sangat besar, karena harus memproses data dalam jumlah besar contohnya di industri keuangan, bioinformatika, dll, ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.
Komputasi Vektor : merupakan grafik vektor yang terbina dari garisan-garisan yang mengikuti istilah matematik seperti vektor. Vektor menggambarkan grafik mengikuti rupa bentuk geometri grafik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar